STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK
BIDANG KEAHLIAN : SENI DAN EKONOMI KREATIF
PROGRAM KEAHLIAN : SENI BROADCASTING DAN FILM
KOMPETENSI KEAHLIAN : PRODUKSI DAN SIARAN PROGRAM TELEVISI
MATA PELAJARAN | KELAS | |||||
X | ||||||
1 | 2 | |||||
A. UMUM | ||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | |||
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | ||||||
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | ||||||
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | ||||||
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | ||||||
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | ||||||
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | ||||||
2 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | |||
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | |||
4 | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 3 | 3 | |||
5 | Sejarah | 2 | 2 | |||
6 | Seni Budaya – Seni Musik | 2 | 2 | |||
JUMLAH A | 16 | 16 | ||||
B. KEJURUAN | ||||||
1 | Matematika | 4 | 4 | |||
2 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | |||
3 | Informatika | 4 | 4 | |||
4 | Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | 4 | 4 | |||
5 | Kejuruan | |||||
5.1 | Dasar dasar Program Keahlian | |||||
5.1.A | 5.1.1 | Profesi dalam industri broadcasting dan perfilman yang sedang berkembang dan proses bisnis dalam broadcasting dan perfilman | 2 | 2 | ||
5.1.2 | Perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja dan isu-isu global terkait broadcasting dan perfilman | |||||
5.1.3 | Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) dalam proses produksi | |||||
5.1.4 | Profil technopreneur, peluang usaha dan dunia kerja/profesi dalam industri broadcasting dan perfilman | |||||
5.1.B | 5.1.5 | Prototype produksi | 2 | 2 | ||
5.1.6 | Teknik dasar proses produksi pada industri broadcasting dan perfilman | |||||
5.1.11 | Estetika seni audio visual | |||||
5.1.C | 5.1.7 | Peralatan audio video | 3 | 3 | ||
5.1.8 | Media digital | |||||
5.1.D | 5.1.9 | Dasar-dasar fotografi, tata kamera, tata artistik, tata suara dan editing | 3 | 3 | ||
5.1.E | 5.1.10 | Editing dasar | 2 | 2 | ||
6 | Muatan Lokal | 2 | 2 | |||
Jumlah B | 30 | 30 | ||||
C. | Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter dan Budaya Kerja | 2 | 2 | |||
JUMLAH A B C | 48 | 48 |
MATA PELAJARAN | ||||||
XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | |||
A. Muatan Nasional | ||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | |
3. | Bahasa Indonesia | 3 | 3 | 2 | 2 | |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | |
5. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) | 3 | 3 | 4 | 4 | |
Jumlah A | 15 | 15 | 15 | 15 | ||
B. Muatan Kewilayahan | ||||||
1. | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | – | – | |
Jumlah B | 2 | 2 | – | – | ||
C. Muatan Peminatan Kejuruan | ||||||
C3 . Kompetensi Keahlian | ||||||
1. | Manajemen Produksi, Naskah dan Penyutradaraan | 9 | 9 | 8 | 8 | |
2. | Tata Kamera, Pencahayaan dan Tata Suara | 5 | 5 | 5 | 5 | |
3. | Tata Artistik | 4 | 4 | 4 | 4 | |
4. | Editing Audio dan Video | 6 | 6 | 8 | 8 | |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 7 | 7 | 8 | 8 | |
Jumlah C | 31 | 31 | 33 | 33 | ||
Total | 48 | 48 | 48 | 48 |