KURIKULUM

Kurikulum yang diterapkan di SMK Motivasi Insani adalah Kurikulum 2013 untuk kelas X (Sepuluh), XI (Sebelas) dan XII (Dua Belas). Kurikulum ini menitikberatkan pada Sistem Kurikulum berbasis Kompetensi dengan Strategi Pembelajaran menggunakan pola CBT (Curriculum Based Training).

KOMPETENSI KEAHLIAN YANG ADA DI SMK MOTIVASI INSANI

  1. Administrasi Perkantoran
  2. Pemasaran
  3. Akuntansi
  4. Broadcast (TPPPP)

Mulai tahun ini dibuka jurusan baru, yaitu:

  1. Persiapan Grafika (Desain dan Produksi)

Dengan animo peserta didik yang lebih banyak ke Kompetensi Keahlian adalah Administrasi Perkantoran, maka Program unggulan di SMK Motivasi Insani adalah Administrasi Perkantoran.

SASARAN MUTU SEKOLAH

Sasaran Mutu SMK Motivasi Insani mengacu kepada delapan standar adalah sebagai berikut :

A. Komponen standar isi

  1. Setiap Program Keahlian melibatkan minimal 1 (satu) DU/DI dalam Pengembangan KTSP.
  2. 100% guru mengembangkan silabus mata pelajaran.
  3. 100 % guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa pada semester yang berjalan
  4. 100% siswa menerima pelayanan Bimbingan Konseling
  5. 100% siswa mengikuti berbagai kegiatan lomba di sekolah.

B. Komponen Standar Proses

  1. 100% guru mengajar berdasarkan RPP dengan pendekatan scientific.
  2. 90% guru melakukan pembelajaran berbasis teknologi informasi
  3. 85% guru mengikuti program supervisi kompetensi keahlian bersama dengan Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum
  4. Setiap tahun Waka Kesiswaan melaksanakan kegiatan PPDB
  5. 90% peserta didik baru mengikuti program MPLS.
  6. 100% peserta didik terlibat dalam pelaksanaan budaya 5S : Sholat Dhuha, Tadarus, Kebersihan, Menyanyikan Lagu Wajib dan pemantauan sholat Dzuhur.
  7. 10% Peningkatan MoU setiap tahun kepada DUDI atau instansi pemerintah.
  8. 90% peserta didik dapat melakukan prakerin sesuai kompetensinya
  9. 70% peserta didik dan 50% guru melakukan peminjaman buku-buku/bahan pustaka/media elektronik dalam satu tahun.
  10. Setiap tahun sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang berkunjung paling sering ke perpustakaan, untuk setiap jurusan.
  11. 100% peserta didik mengikuti kegiatan gerakan literasi sekolah.
  12. Melaksanakan Factory Visit dua tahun sekali.

C. Komponen Standar Kompetensi Lulusan

  1. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) : Pendidikan Agama Islam, Penjaskes, Seni Budaya Kelas X adalah 76, Kelas XI adalah 77, Kelas XII adalah 77; Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Sejarah Indonesia, Bahasa Inggris, Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X adalah 76, Kelas XI adalah 77, Kelas XII adalah 77; Kompetensi Kejuruan adalah 80.
  2. 100% peserta didik muslim mampu membaca Al Qur’an dan 50% hafal Juz Amma
  3. 100% peserta didik lulus dari satuan pendidikan.
  4. 90% Lulusan diterima di dunia kerja, berwirausaha dan melanjutkan sekolah.
  5. 100% peserta didik yang terpilih mengikuti Lomba Kompetensi Siswa, ditargetkan meraih peringkat 5 besar.

D. Komponen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. 100% Guru dan Tenaga Kependidikan melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi dan tanggung jawabnya.
  2. 80% Guru mengikuti diklat (MGMP, IHT, seminar, magang).

E. Komponen Standar Sarana dan Prasarana

Pengadaan :       

  1. 100% terpenuhinya penyediaan peralatan praktik.
  2. 100% terpenuhinya penyediaan bahan pembelajaran praktik.
  3. 95% terpenuhinya pengadaan sarana penunjang ruang perpustakaan, laboratorium, ruang praktik, dan ruang kelas.
  4. Pengadaan buku referensi dan bahan pustaka 100 judul per tahun.
  5. Pembangunan mushola baru seluas 330 m2 yang representatif dalam 1 tahun
  6. Pembangunan Ruang Wakasek dan Kaprog seluas 50 m2
  7. Pembangunan 13 toilet siswa dan 2 toilet guru 36 m2
  8. Membangun 3 RKB (ruang kelas baru) ; Tahun Pelajaran 2016/2017
  9. Pengadaaan bahan pustaka dalam bentuk media elektronik sebanyak 50% dari seluruh jumlah mata pelajaran

Pemeliharaan :

  1. 100% Pemeliharaan rutin gedung sekolah, sarana penunjang dan peralatan praktik.
  2. 100% pengelolaan kebersihan lingkungan sekolah dilakukan secara intensif oleh warga sekolah.
  3. Pengelolaan informasi dan web sekolah dilakukan setiap bulan.

Perbaikan :

  1. Perbaikan ruangan pantry dan ruang OB (Office Boy) : Tahun Pelajaran 2016/2017

F. Komponen Standar Pengelolaan

  1. Minimal setiap semester sekali melakukan Update data pokok kependidikan (Data siswa, Data guru, Karyawan/Staff, sertifikasi, inpassing, dana bos, dan bantuan lainnya)
  2. 90% Dokumen sekolah terintegrasi pada sistem teknologi dan informasi
  3. Setahun sekali memberikan reward kepada guru terbaik, karyawan terefektif setiap bulan sekali dan peserta didik berprestasi setiap semester sekali.

G. Komponen Standar Pembiayaaan

  1. 90% Pembiayaan kegiatan sekolah sesuai dengan RKAS
  2. Memberikan Beasiswa 80% untuk peserta didik tidak mampu, 100% untuk peserta didik yatim dan berprestasi.

H. Komponen Standar Penilaian

  1. 100% guru melaksanakan penilaian autentik